Thursday 4 April 2013

Pengertian MOTHERBOARD

Mainboard/MOTHERBOARD (papan utama) merupakan papan komponen (selanjutnya kita sebut BOARD) yang menampung semua hardware lainnya. Hampir seluruh komponen utama PC terkoneksi dengan board ini. Motherboard dengan teknologi terkini biasanya sudah menyediakan komponen yang biasanya terpisah untuk dipasang di board ini, misalnya VGA, Processor, Sound-Card,LANCard. Teknologi ini dikenal dengan nama ONBOARD, artinya hardware ter-integrasi langsung di Mainboard sehingga kita tidak perlu membeli hardware yang dimaksud, efeknya adalah penghematan biaya.

Namun biasanya teknologi ini hanya berlaku untuk PC yang digunakan dengan beban yg tidak terlalu berat, seperti misalnya hanya untuk mengetik, multimedia, internet dan desain gambar biasa. Sedangkan untuk penggunaan yang membutuhkan performa tinggi, lebih baik menggunakan hardware terpisah yang memiliki kemampuan performa sendiri sehingga tidak mempengaruhi kinerja Motherboard.

JENIS MOTHERBOARD


Kinerja Motherboard sendiri dibantu oleh chipset yang tertanam, disebut sebagai Controller Chipset . Ada 2 chipset yang biasa terdapat pada Motherboard, yaitu Chipset South Bridge & North Bridge. Chipset NORTHBRIDGE berfungsi untuk mengatur kinerja komunikasi data & frekuensi antara Motherboard, Processor dan Memory (RAM). Untuk Motherboard INTEL LGA 775, Chipset ini masih ada digunakan, sedangkan untuk Motherboard AMD AM2, chipset ini sudah tidak digunakan karena fungsinya digantikan oleh 1 pin milik Processor AMD sendiri (jumlah pin sebenarnya pada Processor AMD adalah 939).

Sedangkan Chipset SOUTHBRIDGE berfungsi untuk mengatur komunikasi data & frekuanesi antara Motherboard dengan wilayah input/output (i/o). Wilayah i/o ini termasuk didalamnya adalah Slot untuk meng-integrasikan peripheral dengan Motherboard, seperti PCI, AGP, PCIe, USB, FireWire, PS/2.
Beberapa istilah yang harus dikenal pada Mainboard ini adalah :

- BIOS : Basic Input Output System ; Berfungsi untuk mengatur pengendalian semua komponen hardware (peripherals) yang ter intergrasi dengan Mainboard. Tanpa BIOS ini, maka mainboard tidak akan dapat digunakan, oleh sebab itu BIOS terkadang di sebut Nyawa Motherboard.

- Socket LGA : Land Grid Array ; biasanya disebutkan LGA775 yang berarti socket LGA dengan 775 pin. Sudah jelas jumlah pin ini hanya dimiliki oleh Prcessor INTER keluaran terbaru di kelas Pentium D, Dual-Core, Core 2 Duo dan Quad Core. Disebut LGA karena socket ini tidak seperti pendahulunya (menyediakan lubang-lubang untuk menancapkan pin processor) tetapi kebalikan dari teknologi sebelumnya yaitu pin processor terdapat di socket ini (processor intel tidak lagi menggunakan pin).

- Socket AM2 : Merupakan brand sendiri penerus socket M2 milik AMD sebelumnya. Socket ini digunakan untuk chip form factor PGA (Pin Grid Array) yang mana socket ini berupa lubang-lubang yang disediakan untuk menancapkan sejumlah 940 pin.


Istilah pada MOTHERBOARD

- DIMM : Dual In-line Memory Module ; adalah slot untuk menempatkan memory module (RAM).

- PS/2 : Personal System/2 ; adalah konektor (port) yang digunakan untuk mengkomunikasikan antara Motherboard dengan alat kendali antar muka yaitu Keyboard dan Mouse. PS/2 pertama kali diperkenalkan oleh IBM sebagai port koneksi keyboard dan mouse saat itu. Kemudian port ini dijadikan standar untuk interkoneksi kedua peripheral ini pada Motherboard. Seiring dengan berkembangnya fitur pada keyboard & mouse, maka konektor PS/2 ini saat ini banyak yang menggunakan port USB (Universal Serial Bus) karena port ini mampu untuk melakukan interkoneksi dengan berbagai alat dengan fitur yang beragam.


- PCI : Peripheral Component Interconnect ;
adalah slot yang berfungsi sebagai port untuk hardware tambahan saat diperlukan.

- AGP : Accelerator Graphics Port ;
adalah slot yang merupakan port khusus untuk hardware grafis (VGA-card). Saat ini AGP sudah diganti dengan PCI express (PCIe) yang memiliki kecepatan interkoneksi data lebih cepat 2x dari AGP.

- IDE : Integrated Drive Electronics ;
adalah port untuk mengkomunikasikan perangkat Drive seperti Hardisk & DVD-ROM. Saat ini, teknologi IDE sudah berkembang menjadi SATA (Serial Advanced Technology Attachment) yang memiliki kecepatan interkoneksi data lebih dari 2x kecepatan interkoneksi data IDE.
Disqus Comments