Friday, 22 February 2013

Pengertian Cool Edit Pro

Cool Edit Pro, terdengar tak asing dengan namanya bagi saya dan sobat pastinya. Karena software ini banyak di gunakan orang-orang, terutama yang suka memixing ataupun mengaransemen sebuah musik. Ataupun hanya sekedar untuk bermain - main yang biasa kita sebut dengan kata "iseng". Walau terbilang lama tetapi software ini masih sering digunakan karena memang sangat ringan tanpa hambatan bro hehe. Oke tidak perlu bicara ABCD lagi, karena di bawah ini saya telah persiapkan berbagai pengertian dari cool edit pro dan bagian-bagiannya.

Pengertian Cool Edit Pro 

Merupakan salah satu software pengolah suara (musik) yang dapat digunakan untuk berbagai format seperti : mp3, wav, cda dll. Software keluaran Syntrilium Co ini, memilki single track dan multi track seperti gambar berikut. Dari gambar ini dapat kita lihat bahwa ini merupakan single Track dimana fungsinya kita dapat melakukan pemotongan wave dengan cara memblock samapai mana yg mau kita delete, trus tekan delete. saya akan memberitahukan apa aja yg ada didalam menu- menu cool edit ini.

Tampilan Cool Edit Pro
tampilan pada cool edit pro
  • File : kita bisa membuat project baru ( new session ), atau membuka file kerja (open session ), serta menyimpan dengan format yg kita inginkan
  • Edit : kegunaannya tuk mengedit file dengan cara menekan edit dan memilih, apa yg kita mau, seperti punch, group block, mix down file, remove block snapping dan lain2.
  • Pada menu view, untuk membuka dan menutup taskbar yg kita inginkan.
  • Effect : effect ini berfungsi sangat penting dalam mengedit file yg akan menjadi akhir kerja kita, dalam artian penyempurnaan hasil kerja kita.. ada plugin volume, equalizer, normalize dan lain2.

Sedangkan dalam MULTI TRACK, cara kerjanya cukup mengimport file2 yg sudah kita buka ke dalam file Track yg di sediakan, seperti gambar berikut :


tampilan multi track pada cool edit pro

dari gambar tersebut, kita bisa melihat menu Panning, Volume, mute, fx, out, record yang berguna dan berpengaruh terhadap file yg kita import. Biasanya fungsi MULTI TRACK ini digunakan untuk keperluan Recording, dimana fungsi seperti fx, kita dapat menginsert fx tersebut, gunanya untuk penyempurnaan file.
Semoga artikel ini bermanfaat.



sumber:
http://info-yumibu.blogspot.com/2012/01/pengertian-cool-edit-pro.html

Artikel Terkait

Pengertian Cool Edit Pro
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

like