Thursday, 4 April 2013

Pengertian Random Access Memory (RAM)

Random Access Memory (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti CD dan Hardisk, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Pengertian Random Access Memory (RAM)
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-onlymemory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangkapanjang. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM. Dalam perkembangannya, beberapa perusahaan menciptakan chip RAM ini seperti Samsung dan Kingston untuk jenis yang lebih maju teknologinya yaitu SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) .

RAM yang digunakan PC saat ini adalah jenis DDR (Direct Data rate) yang memiliki kemampuan untuk mengimbangi kinerja processor dan motherboard. Sedangkan DDR sendiri berdasarkan kelas teknologi nya sudah mencapai DDR3. Perusahaan manufaktur RAM ini cukup banyak seperti Corsair, Visipro, V-Gen, Team, A-Data, Mushkin, Crusial, Mcpro, DELL, dll.

Artikel Terkait

Pengertian Random Access Memory (RAM)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

like