Saturday 24 November 2012

Tutorial blender (dasar) Membuat rumah

Tutorial blender (dasar) Membuat rumah

Hai sobat kali ini saya akan memberikan Tutorial blender (dasar) membuat rumah tapi dalam tanda kutip, ini tutorial dasar jadi saya bukan membuat rumah beneran loh cuma rumah-rumahan dengan menggunakan mesh cube. Namun sebelumnya saya ingin menjelaskan dulu apa sih blender itu?. Blender adalah sebuah software 3 dimensi yang bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis tanpa ada registrasi, jadi setelah kita menginstal kita bisa langsung menjalankan program blender. Disini saya mengunakan blender 2.49 dan langsung saja pada pembuatan rumah.

Langkah - langkah membuat rumah di blender 2.49

Langkah Pertama

Jalankan aplikasi blender 2.49 klik icon Windows - pilih Blender, maka blender akan ditampilkan. Kemudian ubah tampilan menjadi Front View pada menu View (atau bisa langsung menekan NumPad 1 pada keyboard) untuk mengganti sudut pandang dari depan. Jika sobat berada di Perspective View  ganti menjadi Orthographic View (tekan NumPad 5 pada keyboard).

Langkah kedua

Kita akan menggunakan Cube yang langsung muncul pada tampilan pertama. Masuk ke dalam menu Edit Mode dengan menekan tombol TAB. Kemudian pada  menu MESH TOOL klik SUBDIVIDE satu kali untuk membagi cube menjadi 4 bagian seperti berikut ini.


Subdivide


Bisa di lihat kan kalau cube terpotong menjadi 4 bagian, setiap menekan subdivide cube secara otomatis akan terpotong. Lalu hilangkan seleksi dengan menekan tombol A pada keyboard, fungsi tombol A ialah memblok dan menghilangkan seluruh blok.

.
Langkah ketiga

Seleksi titik atas cube dengan tombol B, lalu tekan S (scale) lalu tekan 0 (nol) nuntuk mengecilkan sudut yang telah terseleksi tadi. Lalu blok cube dengan menekan A, plih SUBDIVIDE lagi 1x. tekan B seleksi 2 kotak cube seperti di bawah ini. Tekan E (extrude) pilih REGION untuk membuat pintunya, lalu geser ke dalam, panah warna hijau atau sumbu y.



Tekan TAB untuk kembali ke OBJECT MODE, Untuk memperjelas agar terang tekan SPACE – ADD – LAMP lalu atur posisi lampu berada di depan objek. Hasilnya bila di render F12 seperti ini.

Tutorial blender (dasar)Membuat rumah
tampilan saat di render (F12)

Nah jadi deh, sekian sedikit dari tutorial blender (dasar) Membuat rumah ini semoga bermanfaat bagi para pembaca ya. Mungkin dari tutorial ini ada kesalahan atau kekurangan saya selaku penulis minta maaf ya, kritik dan sarannya sangat saya butuhkan demi mendukung saya untuk terus berkreasi serta belajar dan belajar lagi.
Disqus Comments