Friday, 13 December 2013

Cara memanggil file swf menggunakan tombol Movie Clip

Cara memanggil file swf menggunakan tombol Movie Clip

  Cara memanggil file swf menggunakan tombol Movie Clip
Hai sobat iisanim-child.blogspot.com kali saya ingin melanjutkan tutorial yang terakhir saya post yaitu membuat tombol movie clip pada adobe flash cs3. Maka kali ini kita akan menggunakan tombol tersebut untuk memanggil file yang berextensi swf. Keunggulan dari tombol movie clip ialah kita bebas menganimasikan dengan bebas serta gerakannya lebih halus dibandingkan dengan tombol biasa. Oke langsung saja pada langkah-lagkah berikut ini.

Langkah-Langkah Memanggil File Swf menggunakan Tombol Movie Clip

Langkah 1.

Buka program adobe Flash- pilih Open untuk memanggil file tombol movie clip yang sudah di buat atau kalau yang belum membuat silahkan melihat tutorial sebelumnya pada blog ini yaitu "Membuat tombol Movie clip pada adobe flash cs3". Setelah tombolnya siap Maka langsung saja kita membuat File yang akan kita panggil. Setelah itu buat dokumen baru dengan cara menekan CTRL+N.

Langkah 2.
 
Buat gambar lingkaran dengan menggunakan Oval tool (tekan O pada keyboard) tapi sobat bebas untuk membuat apa saja disini karena saya hanya memberikan contoh saja. Setelah itu beri warna bebas sesuai selera. Kita akan memberinya sedikit animasi Motion Shape yaitu animasi perubahan pada bentuk. Jadi kita akan membuat gambar lingkaran tadi menjadi sebuah persegi.

Langkah 3.

Klik pada Frame 10 kemudian klik kanan - pilih Insert Blank Keyframe. Setelah itu pilih Rectangle tool (bisa langsung menekan R pada keyboard). Gambar dan warna sesuai yang sobat inginkan. Lalu klik kanan diantara frame 1 sampai 10 - pilih Create Shape Tween. Coba tes dengan menekan CTRL+Enter. Simpan (tekan CTRL + S) dengan nama "new".
 
Langkah 4.

Test Movie untuk mempublish menjadi file swf dengan menekan CTRL+ENTER. Kemudian masuk ke File Tombol Movie Clip tadi. Seleksi tombolya lalu tekan F9 untuk memunculkan jendela Action. Setelah itu masukkan Action Script berikut.

on (release, rollOver) {
gotoAndPlay(2);
}

on (release, rollOut) {
gotoAndPlay(11);
}

on (release) {
loadMovieNum("new.swf", 0);
}


Note: new.swf adalah file yang berformat swf yang akan kita panggil. Nol "0" adalah tingkatan layer file yang akan dipanggil. Jadi bila sobat mengisi angka Nol maka tombol movie clip akan hilang ketika file swf itu tampil, namun jika sobat menggantinya dengan angka Satu "1" maka file akan tampil di atasnya tombol. Nah gimana sob mudah bukan hehe. Semoga tutorial Cara memanggil file swf menggunakan tombol Movie Clip bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Cara memanggil file swf menggunakan tombol Movie Clip
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

like