Monday 25 February 2013

fasilitas baru google earth 6

Google merilis versi terbaru dari Google Earth, Google Earth 6. Versi terbaru ini berfokus pada penyediaan tampilan dari Google Earth yang lebih realistis.
Beberapa layanan tambahan yang tersedia di versi terbaru Google Earth antara lain, pengalaman baru dalam menggunakan Google Street View di Google Earth, tampilan pohon secara 3D, serta kemudahan untuk melihat atau menampilkan fasilitas historical imagery.
Pada versi Google Earth 6 ini, Google telah mengintegrasikan fasilitas Google Street View, jadi kini para pengguna yang sedang menjelah menggunakan Google Earth bisa secara langsung menikmati fasilitas di area yang telah terdapat fasilitas Google Street View.

Misalnya Anda sedang melihat bumi dari jarah jauh lalu ingin menjelah area jalan di area kota tertentu, kini fasilitas ini bisa dinikmati secara langsung dengan menggeser atau mendekatkan pandangan pada area yang diinginkan. Anda juga bisa menggeser Pegman (ikon berbentuk orang) yang ada pada bagian samping Google Earth, kemudian ditempatkan pada area tertentu untuk melihat tampilan Street View dari area tertentu.
Tampilan Street View dari Google Earth ini juga telah terintegrasi dengan lingkungan 3D yang ada di Google Earth, jadi ketika Anda mengaktifkan fitur 3D buildings layer, Anda bisa berpindah secara mulus dari tampilan nyata ke tampilan 3 dimensi.
Sebagai tambahan atas fasilitas tampilan 3 dimensi yang lebih nyata, kini Google Earth juga telah menambahkan jutaaan pohon untuk melengkapi tampilan 3 dimensi dari bangunan, jalan serta elemen lain yang ditampilan pada Google Earth, pohon-pohon yang ada juga memiliki detail seusai dengan jenis pohon di dunia nyata, ada lusinan jenis tampilan pohon 3 dimensi yang disediakan Google dibeberapa area seperti Athena, Berlin, Chicago, New York, San Francisco dan Tokyo. Pengguna bisa menikmati tampilan pohon 3 dimensi ini dengan mengaktifkan fitur 3D buildings layer pada panel sisi kiri.
Satu lagi fasilitas yang baru yang ada pada versi 6 dari Google Earth adalah kemudahan untuk menemukan historical imagery atau area yang memiliki pencitraan dalam rentang waktu tertentu, misalnya tampilan kota London pada tahun 40-an.
Ketika Anda menjelajah areal tertentu, dan di area itu terdapat pencitraan di masa lampau, Google Earth akan menampilkan tanggal dari gambar atas area tersebut pada bagian bawah, dengan mengeklik tanggal ini maka tampilan gambar dari tanggal tersebut akan muncul, Anda bisa menjelajah tampilan ini atau kembali ke tampilan masa sekarang.
Saya mencoba menginstal Google Earth 6 ini dan mencoba beberapa fiturnya, salah satu yang paling terasa adalah integrasi antara Google Earth dengan Google Street View, kini Anda bisa berpindah dari tampilan bumi dari jarak jauh kemudian melihat tampilan area tertentu dari jarak dekat, termasuk tampilan yang diberikan oleh Google Street View dengan cukup mulus, dan pilihan untuk menampilkan tampilan 3D dan tampilan nyata juga cukup membantu untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap atas area tertentu, di mana gabungan antara gambar 3D diintegrasikan dengan tampilan nyata serta pilihan Street View yang bisa langsung diakses.
Untuk mencoba Google Earth 6, Anda bisa mengunduhnya pada tautan ini, untuk keterangan lengkap serta tutorial menggunakan Google Earth bisa ditemukan pada tautan ini.

Disqus Comments