Tuesday 17 February 2015

Cara Membuat Objek 3D di Coreldraw X6

Dalam Tutorial ini, membahas cara yang paling sederhana dalam membuat objek 3d. Objek 3d adalah sebuah bidang yang memiliki 3 sisi yang bisa kita lihat, depan atas dan samping. Nah di Coreldraw kita juga bisa membuatnya. Dalam tutorial ini, saya akan memberikan objek yang sangat dasar sekali, yaitu sebuah segi 6. Karena pada dasarnya seorang yang expert pasti dimulai dari dasar dulu kan?.Oke mari kita bahas Tutorial  "Cara Membuat Objek 3D di Coreldraw X6" ini.
Cara Membuat Objek 3D di Coreldraw X6
Objek 3D di Coreldraw X6



Baca Cara Membuat Objek 3D di Coreldraw X6

Cara Nomor 1.
Pertama-tama buka CorelDraw X6 klik New Blank Document (atau bisa menekan CTRL+N pada keyboard). Lalu pada menu toolbox pilih Polygonal tool (Y). Disini kita akan membuat objek segi enam, pada properti bar, lihat "Point or sides" dan ketikkan angka 6. Setelah itu gambar seperti di bawah ini.

Polygonal tool (Y)
Cara Nomor 2.
Beri warna sesuia dengan keinginan anda, sebelum mewarnai pastikan objek itu aktif. klik objek lalu menuju ke palette color - pilih warna. Disini saya menggunakan warna nila. Setelah itu untuk membuatnya tampak perspektif kita akan menggunakan efek yaitu dengan memilih Effect pada Menu Bar - Add Perspective. Tarik seperti ini untuk mengubah arah / sudut pandang Objek.

Cara Nomor 3.
Kemudian Kita akan membuat objek itu memiliki volume atau mempertebal sisi pada objek. dengan cara memilih Extrude pada toolbox. Klik objek - dan tarik seperti gambar di bawah ini.
Cara Nomor 4.
Agar terlihat 3d kita perlu memberi warna shadow pada objek ini. pada property bar pilih Extrude color dan pilih yang warna ungu. Kenapa saya memilih extrude yang warna ungu, karena kita bisa memilih dua warna sebagai shadownya. Setelah itu ganti warna seperti berikut ini:
Maka hasilnya akan terlihat seperti ini, cahaya datang dari arah belakang objek. Nah selesai, cukup mudah sekali bukan?.Jika sobat sudah paham, saatnya untuk berkreasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.


Cara Membuat Objek 3D di Coreldraw X6
Objek 3D di Coreldraw X6
Disqus Comments