Sunday 5 January 2014

Merubah warna background dengan Tombol & Action Script 2

Merubah warna background dengan Tombol & Action Script 2 pada Flash.
Kali ini saya ingin mengingat kembali pelajaran Flash yang telah di berikan oleh guru saya yaitu "Cara Merubah warna background dengan Action Script 2". Bagi yang sekolah SMK Multimedia, pasti ini pelajaran yang sangat di sukai, benar tidak?. Kalaupun tidak disukai sobat harus belajar, setidaknya jangan mau kalah sama teman-teman di kelas. Merubah warna background ini kadang memang sangat dibutuhkan dalam pembuatan profil company, tujuannya untuk mereflesh mata agar tidak bosan dengan latar belakang yang monoton.

Nah alasan saya membagikan tutorialnya tidak lain agar tidak lupa dengan materi ini, yah maklumlah yang namanya masa depan tidak bisa diprediksi. Bisa saja nanti saya malah tidak bisa mengotak-atik software ini. Namun setidaknya saya sedang berusaha untuk mempertahankannya. Ups malah kebanyakan bicara, maaf-maaf hehe, langsung saja kita bahas di bawah ini.

Langkah-langkah Merubah Warna Backround dengan Tombol & Action Script 2 

No. 1
Pertama-tama buka Program Adobe Flash semua versi yang sobat miliki. Kemudian Pilih Flash File Action Script 2.0. Setelah itu kita akan membuat bentuk background atau latar belakangnya, pilih Rectangle Tool (Bisa langsung menekan R pada keyboard) dan gambarlah sebuah persegi panjang dengan ukuran yang sobat inginkan. Lalu Convert to Symbol (tekan F8 pada keyboard) untuk mengubahnya menjadi movieclip dan beri nama "baground".
convert MovieClip

No. 2
Beri nama instance name pada Properties, disini saya memberi nama “iis”. Sobat bisa memakai nama sesuai dengan yang sobat inginkan, namun perlu diingat bahwa nanti kita akan memanggilnya. Jadi usahakan memberi nama yang mudah agar tidak terjadi kesalahan waktu memasukkan Action Scriptnya.

 isikan instance name+flash

No. 3
Sekarang buatlah 2 kotak (menggunakan rectangle tool) untuk tombolnya beri warna “ merah dan kuning ” seperti ini. Kemudian Convert masing-masing tombol di bawah ini, dengan cara menekan tombol F8 pada keyboard kemudian pilih MovieClip. Beri nama merah untuk tombol warna merah dan kuning untuk tombol warna kuning.

merubah warna baground dengan tombol dan Action Script 2


Klik kiri tombol yang berwarna merah lalu tekan f9 dan isikan Action Script berikut ini:
on (release) {
bg = new Color(_root.iis);
bg.setRGB(0xff0000);
}

Klik kiri tombol kuning, tekan f9 dan isikan lagi Action Script berikut:
on (release) {
bg = new Color(_root.iis);
bg.setRGB(0xffff00);
}
Oke selesai, tinggal test movie untuk melihat hasilnya (tekan CTRL+enter).  Untuk menyimpannya tekan Ctrl+S pada keyboard sobat. Nah semoga Tutorial Cara Merubah warna background dengan Tombol & Action Script 2 ini bisa bermanfaat bagi sobat semua. Selamat mencoba, terus belajar dan berusaha.

Disqus Comments