Saturday 21 December 2013

Cara merekam di Cool Edit Pro (Mono dan Stereo)

Dalam tulisan kali ini, saya ingin berbagi Tutorial mudah tentang Cool Edit Pro, yaitu Cara merekam di Cool Edit Pro dengan menggunakan channel Mono dan Stereo. Ketika kita baca apa yang sobat pikirkan tentang Mono? yup pasti satu. Dan sebaliknya jika membaca Stereo jawabannya mungkin dua hehe. Yang jelas kedua channel ini mempunyai fungsi yang berbeda. Nah bagi sobat yang ingin mengetahui bagaimanakah cara merekam suara di Cool edit Pro, wajib mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Merekam Suara di Cool Edit Pro

Pertama-tama buka software Cool edit pro, Kemudian siapkan peralatan untuk merekam suara (microfon dan headset lalu colokkan ke tempatnya masing-masing). Siapkan juga kondisi yang bersahabat, jangan berada di tempat yang berisik karena dapat mengganggu kejernihan suara. Kemudian pikirkan apa yang ingin anda rekam (ini paling penting) atau siapkan materi yang sudah disiapkan. Setelah semuanya komplit langsung saja kita merekam.

Merekam Suara dengan channel Mono

Merekam Suara dengan channel Mono 

Klik tanda merah (Record) seperti gambar di atas ini. Setelah itu dialog New Waveform akan muncul, pilih untuk sample rate : 44100, Channel : Mono, Resolution : 16 bit. Ini adalah pengaturan standar yang sering di gunakan oleh radio-radio (kebetulan saya pernah magang di salah satu radio di daerah saya). Untuk sample rate, Semakin besar angkanya maka kualitas suara juga semakin bagus dan ukuran filenya juga otomastis lebih besar.

kotak dialog New Waveform

Mono berarti sebuah suara, yang hanya di keluarkan dalam 1 chanel, misalnya kita mendengarkan suara mono pada headset kita, pasti yang terdengar Cuma 1, dari kiri saja atau kanan saja. Kalau resolution sendiri mungkin hampir sama dengan Sample Rate (kalau tidak salah sih). Lalu klik oke dan mulailah merekam..

Untuk Merekam Suara dengan channel Stereo

Untuk Merekam Suara dengan channel Stereo

Klik gambar merah bullet seperti gambar di atas tadi pada point 1, lalu dialog New Waveform akan muncul dan atur seperti ini, pilih untuk sample rate : 44100, Channel : Stereo, Resolution : 16 bit. Perbedaannya hanya pada Channel, Stereo berarti kebalikannya dari Mono. Kalau Mono mengeluarkan suara dari 1 channel, kalau stereo 2 Channel yaitu kanan dan kiri. Lalu klik ok (mulai merekam).

Untuk mengakhiri rekaman tekan tombol sapace pada keyboard. Dan tekan CTRL+S untuk menyimpannya. Demikian tutorial Cara merekam di Cool Edit Pro (Mono dan Stereo) semoga bermanfaat bagi sobat semua.
Disqus Comments