Monday 26 November 2012

Tutorial Blender 2.49 Cara Membuat Gelas Unik

Tutorial Blender 2.49 Cara Membuat Gelas Unik- hai sobat blog sekarang saya akan membagikan tutorial lagi yaitu membuat gelas yg saya beri nama unik. Kenapa saya beri nama unik karena saya ingin memberi nama unik. Maaf bercanda, sebenarnya ketika seseorang membuat sesuatu itu akan terlihat unik jika dibuat oleh tangan-tangan yang berbeda. Jadi jika sobat membuat gelas seperti saya maka akan mempunyai ciri yang berbeda. Nah itulah yang saya anggap unik. Oke tak perlu banyak-banyak berbicara langsung saja kepada langkah-langkahnya.

Langkah - langkah Membuat Gelas Unik Pada Blender 2.49

Langkah Pertama.
Langkah Pertama buka aplikasi blender pada komputer sobat, lalu di menu VIEW ganti menjadi FRONT VIEW atau bisa menekan NumPad 1 pada keyboard. Hapus cube yang muncul pada tampilan awal blender, dengan menekan X – Erase select object kemudian tekan Enter. Sekarang kita akan menambahkan sebuah tabung caranya tekan Space pada keyboard - Add – Mesh-Cylinder - Enter.

tekan Space pada keyboard - Add – Mesh-Cylinder - Enter
Langkah kedua.
Masuk ke dalam Edit Mode tekan Tab pada keyboard sobat. Lalu tekan Ctrl+R lalu klik kiri. Maka akan menambah garis pada tengah - tengah cylinder atau tabungnya. Setelah itu tekan S (scale) perbesar ukurannya enter. Maka akan seperti ini : tekan A untuk menghilangkan seleksi, lalu tekan B seleksi bagian bawahnya, lalu tekan S kecilkan. Lalu tekan E-Region tekan Z untuk mengunci pada sumbu Z tarik ke bawah seperti gambar berikut!

Tutorial Blender 2.49 Cara Membuat Gelas Unik
Baca gambar dari kiri ke kanan  

Langkah ketiga.
Nah seperti yang kita lihat di atas, gelasnya sudah mulai kelihatan, sekarang kita akan membuat penyangga gelas bawahnya. Tekan E – region tarik kebawah lalu tekan S (scale) besarkan, ulangi lagi tekan E- Region enter, sampai hasilnya seperti gambar di bawah ini. Untuk membuatnya terlihat lebih halus, tekan tab pada menu bawah, kemudian tekan Auto smooth-set smoot. Untuk memberi warna tekan F5 - Add New – lalu pilih warna sesui keinginan.

Tutorial Blender 2.49 Cara Membuat Gelas Unik
Baca gambar dari kiri ke kanan


Lalu kita membuat lubang pada gelas, sebelumnya ganti menjadi Top view (tekan Numpad 7 pada keyboard sobat). Kemudian seleksi bagian yang mau di buat lubang. Lalu tekan X- vertices enter. Untuk melihat hasilnya tekan f12 dan sobat akan melihat hasilnya. Oke sekian dulu tutorial dasar blender 2.49 "Cara Membuat Gelas Unik" dari saya, semoga apa yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi sobat. Terima kasih banyak.
Disqus Comments