Wednesday 27 February 2013

Cara menghilangkan vokal lagu di cool edit pro

Kali ini saya mencoba berbagi tentang Cool Edit Pro yaitu Cara menghilangkan vokal lagu di cool edit pro. Mungkin bagi sobat yang mempunyai hobi karaoke atau memang suka mengutak-atik software editing musik ini ingin tahu. Apakah bisa lagu yang sering kita dengarkan dibuang suaranya  saja? bisa tidak iya?.

Begini Perlu saya luruskan terlebih dahulu, menurut yang Saya tahu Lagu yang bisa dihilangkan suaranya hanyalah yang berjenis Karaoke. Kenapa begitu? karena dalam lagu karaoke itu, musik dan vocal itu menjadi bagian sendiri-sendiri. Misalnya di chanel kanan musik dan di kiri vocal atau sebaliknya. Jadi kita bisa menghilangkan salah satunya saja. Atau bisa melakukan dengan fitur otomatis di Cool Edit Pro.

Bagaimana Caranya menghilangkan vokal lagu di cool edit pro

Cara  OTOMATIS

Pertama, Buka Software Cool Edit Pro. Pilih File - Open file lagu yang akan dihilangkan vocalnya akan dihilangkan. Seleksi semua CTRL+A - pilih Favorites- Vocal Cut. Kemudian tunggu proses Mixing Chanelnya selesai. Setelah itu mainkah dan coba dengarkan apakah sudah berhasil?

cool edit pro


Cara MANUAL

Jika cara otomatis di atas masih belum berhasil, Bisa dengan menghilangkan salah satu chanelnya. Non aktifkan salah satu channel, kemudian coba dengarkan. Apakah itu musik atau vocal, jika itu musik maka berpindahlah ke channel yang lain. Aktifkan lagi channelnya kemudian Non Aktifkan channel yang satunya. Jika itu vocal maka hapuslah dengan menekan tombol detele. Lalu mainkan dan dengarkan.

Selanjutnya copy bagian musiknya, lalu pastekan di channel bekas tempatnya vokal tersebut. Maka yang terdengar dari channel kiri dan kanan hanyalah musiknya saja. Terakhir simpan ke format yang dikehendaki.

Nah mudah mudahan tutorial sederhana "Cara menghilangkan vokal lagu di cool edit pro" ini bisa berguna.

Dan Saya memohon maaf jika solusi atau cara yang Saya berikan ini belum bisa membantu Sobat. Karena Saya bukanlah seorang Ahli tetapi hanya mencoba untuk berbagi pengalaman pribadi dan andaikan itu berhasil Saya juga turut senang.

Jika Sobat pembaca ada yang memiliki solusi lain dari dari yang telah Saya tulis diatas atau ingin membenarkan jika Saya salah, jangan sungkan untuk berbagi disini.

Terima kasih banyak.
Disqus Comments