Sunday 25 November 2012

TUTORIAL BLENDER 2.49 (MEMBUAT KURSI )

TUTORIAL BLENDER 2.49 (MEMBUAT KURSI )

Hai sobat, kali ini saya ingin berbagi lagi nih tentang ilmu yang aku dapatkan dari sekolahku. Yaitu membuat kursi sederhana di blender. Pada tutorial ini masih menggunakan bentuk sederhana yaitu cube. Pembuatannya juga sangat mudah, karena masih dalam tingkat dasar yang dapat dikuasai cepat oleh para pemula. Karena kebetulan saya juga beginer dalam dunia blender jadi tidak ada salahnya berbagi kepada sobat agar kita sama-sama bisa ok. Nah langkah-langkah membuat kusi pada blender akan saya jelaskan di bawah ini.


Langkah - Langkah Membuat Kursi Pada Blender 2.49


Langkah pertama.
Pertama buka aplikasi blender pada komputer sobat, pada tampilan awal blender terdapat cube (kubus). Nah kita akan Langsung membuat kusi dengan menggunakan cube tersebut. Tekan Tab – lalu klik Subdivide 2x , maka cube akan terpotong, setiap 1x klik cube akan terpotong menjadi 4, jadi kalau 2x akan terpotong menjadi 8.
Subdivide

Langkah kedua
Seleksi 2 bagian bawah pada posisi tengah dengan cara menekan B pada keyboard, ini kita lakukan untuk membuat kaki kursi.  Nah kalau sudah terseleksi kita tekan E (extude)Region kunci dengan sumbu Y atau tanda panah yang berwarna hijau tarik ke atas. Dan lakukan untuk sisi yang lain agar kaki kursi menjadi 4.

Extude

Langkah ketiga

Rotate kursi tekan R – tekan X (untuk mengunci pada sumbu x) lalu tekan 90 untuk merotasi pada 90 derajat. Klik VIEW – FRONT VIEW untuk menganti menjadi tampat depan. Seleksi bagian atas untuk membuat sandarannya tekan B lalu tarik keatas kunci dengan sumbu Z . Maka akan terlihat seperti ini:



Oke lalu tekan TAB untuk kembali ke OBJEK MODE dan langsung saja kita edit agar hasilnya halus klik AUTO SMOOTH-SET SMOOT dan hasilnya seperti ini. Untuk memberi warna pada kursi tekan F5 lalu pilih add new pada bagian color, saya akan menambahkan warna merah, sobat boleh memberi warna sesuai keinginan.


Langkah yang terakhir adalah melihat hasil karya kita, caranya dengan menekan F12 pada keyboard. Maka blender akan merender dan hasilnya menjadi seperti ini. Jika sobat ingin menyimpannya tekan Ctrl+S pada keyboard.

Hasilnya
Tampilan ketika selesai di render
Akhirnya selesai juga saya membuat toturial cara membuat kursi di Blender 2.49, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat di mengerti dengan baik dan sobat bisa lancar menerapkannya. Tentunya dari tutorial yang saya buat ini sangat-sangatlah sederhana, tapi walau begitu saya berharap bisa bermanfaat bagi sobat. Dan sekian dulu dari saya, terima kasih banyak atas kunjungannya. Selamat berkreasi dan semoga berhasil.
Disqus Comments