Thursday 19 December 2013

Cara mewarnai dengan Gradient pada coreldraw

Cara mewarnai dengan Gradient pada coreldraw

Hai sobat blogger, kali ini saya ingin menambah postingan baru tentang Coreldraw yaitu mewarnai objek dengan gradient. Apa itu Gradient? Warna gradasi atau Gradient adalah perubahan dari satu warna ke warna lainnya dalam satu obyek. Jadi Warna Gradient ini untuk mengombinasikan berbagai warna yang dapat menampilkan kesan lebih hidup. Biasanya kita menggunakan warna ini untuk mewarnai kaca mata yang shiny atau yang lainnya. Sebenarnya ini sangat-sangatlah mudah dan begitu dasar tapi apa salahnya berbagi kan?.

Langkah - Langkah Mewarnai dengan Gradient pada coreldraw

Oke pertama buka Program Coreldrawnya pada desktop sobat dan klik 2 kali. Pilih new blank document untuk membuat dokumen kosong. Lalu atur ukuran yang sobat inginkan dan tekan Ok. Di sini saya ingin membuat beberapa objek lingkaran, kotak dan, segilima. Sobat bisa menggunakan objek-objek lain sesuai keinginan.

Untuk membuat objek lingkaran kita pilih Ellipse (tekan F7), untuk membuat kotak atau persegi pilih Rectangle tool (tekan F6), untuk membuat segilima pilih Polygon Tool (tekan Y) lalu isikan pada Property bar dengan angka 5, fungsinya adalah untuk membuat point atau sudut objek menjadi 5. Nah gambar seperti ini dan beri warna sesuia dengan keinginan sobat. Setelah tekan salah satu objek lalu pilih Fill Tool – Fountain Fill (tekan F11).

Bentuk sederhana

Maka dialog berikut akan muncul dan atur seperti ini

Kotak dialog Fountain Fill

Sobat bisa mengatur dan mencoba sendiri fungsi-fungsi pada Fountain Fill, di sini saya akan menggunakan secara Default seperti pada gambar di atas. Lalu tekan ok. Warnai objek yang lain seperti cara di atas lalu blok semua objek dengan menekan CTRL+A klik kanan pada Palatte color yang gambar silang (no color) untuk menghilangkan garis tepinya, dan ini hasil akhirnya.

Hasil mewarnai dengan Gradient pada coreldraw

Akhirnya selesai juga, mungkin ysng saya buat ini hanyalah contoh yang paling sederhana. Saya yakin sobat semua akan membuatnya lebih bagus dari apa yang saya buat. Harapan terdalam dari saya semoga tutorial Cara mewarnai dengan Gradient pada coreldraw ini bermanfaat bagi sobat, terima kasih dan sampai jumpa lagi.
Disqus Comments