Thursday 22 November 2012

Cara Membuat Foto menjadi Kartun dengan Photoshop


Cara Membuat Foto menjadi Kartun dengan Photoshop

Sobat kali ini saya ingin berbagi Tutorial sederhana yaitu "Cara Membuat Foto menjadi Kartun dengan Photoshop". Karena siapa sih yang tidak suka dengan hal-hal yang berbau kartun, pasti kebanyakan orang menyukainya. Apalagi kalau foto kita sendiri yang dibuat menjadi kartun, pasti akan terlihat lebih lucu atau lebih unik. Nah jika sobat seorang pemula dan tidak ingin yang ribet-ribet, tutorial yang satu ini sangatlah cocok untuk dicoba. Oke langsung saja di lihat di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Foto Menjadi Kartun
Berikut adalah langkah - langkahnya:

Langkah Pertama

Buka program adobe Photoshop yang sobat miliki - kemudian pada menu File - pilih Open untuk membuka file foto yang ingin dijadikan kartun. Saran dari saya agar menggunakan foto yang bening, bersih dan high resolution supaya nanti dalam pengerjaannya lebih mudah. Setelah sobat menemukan file fotonya kemudian tekan tombol Open, maka foto sobat akan muncul di jendela adobe Photoshop.


Langkah Kedua
 
Sekarang kita menuju ke panel layer, klik kanan pada layer Background kemudian pilih Duplicate (atau bisa langsung menekan Ctrl+J pada keyboard. Maka secara otomatis Layer 1 akan muncul dan waktunya kita untuk memberi efeknya. Pastikan sobat masih berada di layer 1, jangan pindah ke layer Background ya, nah pilih menu Filter - Artistic - Poster Edges. Setelah itu tampilan kotak dialog Poster Edges akan muncul. Atur dan isi seperti ini, Edge Thickness : 10, Edge Inthensity : 4, dan Posterization : 0.


Selanjutnya, pilihlah icon new layer pada bagian bawah sendiri, klik satu kali kemudian pilih Film Gain. Atur resulution nya, Gain : 0, Highlight area :11 dan Intensity : 10, perhatikan gambar di bawah ini agar lebih jelas. Lalu setelah itu selesai kita beri efek lagi dengan memilih icon new layer, pilih Cutout. Atur resulusinya , Number of level : 8, Egde Simplicity : 2 dan Egde Fidelity : 3 kemudian klik Ok.


Langkah ketiga 

Ini merupakan langkah terakhir yang sobat lakukan, setelah langkah kedua selesai dilakukan dan foto sobat terdapat bintik-bintik hitam, maka akan kita haluskan. Caranya dengan menggunakan tool Brush (B), kemudian coba hilangkan bintik-bintik hitamnya. Klik Alt pada warna yang ingin sobat haluskan, setelah itu beri warna dengan menggosokan ke warna yang terdapat bintik-bintik hitamnya sampai terlihat bersih

Dan jika sobat telah selesai mebersihkannya maka kurang lebih akan tampak seperti ini. Jika telah selesai maka tinggal menyimpannya dengan cara menekan Ctrl+S pilih Psd untuk menyimpan file photoshop aslinya namun sobat juga bisa langsung menyimpannya dengan format jpeg.


Akhirnya selesai sudah tutorial "Cara Membuat Foto menjadi Kartun dengan Photoshop". Semoga dapat dijadikan referensi belajar sobat dan berguna bagi semuanya.

sumber puspita
Description: Cara Membuat Foto menjadi Kartun dengan Photoshop Rating: 5 Reviewer: Zippien Teamphan Item Reviewed: Cara Membuat Foto menjadi Kartun dengan Photoshop
Disqus Comments