Tuesday 2 April 2013

Cara memperkecil dan memperbesar volume suara atau lagu di cool edit pro

Hai sobat blogger kali ini saya mau berbagi tutorial nih, bagi para pemula yang baru tau software cool edit pro yaitu memperkecil dan memperbesar volume suara atau lagu. Ini sangat penting bagi kita yang suka ngedit – ngedit lagu. Karena terkadang ada lagu yang kurang besar volumenya dan ada pula yang kurang kecil / kebesaran jadinya suara menjadi pecah / bising.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama buka software cool edit pro nya. Maka tampilan utama dari cool edit pro akan muncul. Setelah itu buka lagu yang ingin di perkecil / di perbesar  volumenya. Pilih FILE – OPEN (CTRL+O) lalu pilih lagunya. Setelah itu seleksi semua tekan CTRL+A lalu pilih EFFECTS – AMPLITUDE – AMPLIFY  atau bisa langsung tekan V pada keyboard.


cool edit pro

Untuk  Memperkecil volume

Itu tergantung anda maunya berapa , tapi pada tutorial yang saya buat saya akan mengecilkan  - 2.5 db, jadi volumenya saya kurangi 2.5 db seperti ini lalu tekan OK.

amplify

Untuk Memperbesar  volume

Caranya sama serti tadi , jadi kita masukin angka untuk memperbesar volume, di sini saya membesarkan 2 db, jadi volume akan bertambah 2 db.



 

lalu tekan Ok. Setelah itu dengarkan hasilnya sob, udah pas atau belum.Thanks udah menyimak. Semoga tutorial dasar ini bermanfaat bagi sobat saya selaku admin iisanim-child.blogspot.com mengucapkan maaf apabila terjadi kesalahan. Kritik dan saran sangat membantu saya pribadi untuk terus mengebangkan kemampuan agar terus berkreasi, jadi sobatlah motivator saya dan saya harap sobat mau berkomentar yah.
Sampai jumpa lagi.

Disqus Comments